Mengaktifkan otak kanan dan otak kiri sangat penting. Tapi tahukah kamu pentingya mengaktifkan otak tengah??Ada penelitian bahkan pelatihannya, dimana anak yang otak tengahnya sudah aktif dapat menggambar dengan mata tertutup, membaca koran, dan bahkan naik sepeda dengan mata tertutup.

Otak tengah (mesencephalon) atau (midbrain) adalah bagian terkecil dari otak yang berfungsi sebagai stasiun relai untuk informasi pendengaran (inferior colliculi) dan penglihatan (superior colliculi). Otak tengah mengontrol berbagai fungsi penting seperti sistem visual dan pendengaran serta gerakan mata. Beberapa bagian dari otak tengah yang disebut nukleus merah (red nucleus) dan substantia nigra berfungsi dalam mengontrol gerakan badan.
Menurut ilmu pengetahuan, manusia memang dapat melihat dengan otak, bukan dengan mata. Mata hanyalah jendela dari otak.
Dan otak tengah kaatanya, merupakan jembatan antara otak kanan dan otak kiri. Bila otak tengah aktif akan memaksimalkan fungsi otak kanan maupun kiri.

Jika otak kiri berkaitan dengan fungsi analitis, berhitung dan berpikir logis, otak kanan lebih mengarah pada intuisi danaspek seni. Sedangkan otak tengah yang berada di sistem limbik dan mengandung hipotalamus, yang dianggap bagian terpenting otak mamalia, mengatur hormon, hasrat seksual, emosi, makan, minum, suhu tubuh, keseimbangan kimiawi, tidur dan bangun, sekaligus mengatur kelenjar utama dari otak(kelenjar pituitari). Hipotalamus adalah bagian otak yang memutuskan mana yang perlu mendapat perhatian atau tidak, misalnya kapan kita lapar. Manfaatnya bila diaktifkan? Konon bisa meningkatkan kemampuan memori, menstabilkan emosi, konsentrasi, kreativitas, menyeimbangkan hormon, dan membentuk karater positif.

Sayangnya, untuk mengaktifkan bagian otak tengah ini masih sulit. Karena, rangsangannya harus melalui beberapa jenis gelombang.

sumber:
Sebagian dikutip dari http://id.wikipedia.org/wiki/Otak_tengah